Selasa, 31 Agustus 2010

Bagaimana Seorang Wanita Yang Memiliki Udzur Syar’i Beribadah Pada Lailatul Qodar?

Sengaja kami dahulukan tulisan tentang Romadhon berikut ini, agar bisa diamalkan jauh-jauh hari sebelum datangnya waktu udzur, semoga ada faidahnya…
***
Oleh: Syaikhoh Sukainah bintu Muhammad Nashiruddin al-Albaniyyah hafidzohulloh
بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله، والصلاة والسلام على خاتم رسل الله، وعلى آله وصحبه ومن اكتفى بهداه
Aku pernah bertanya kepada ayahku (al-Albani, pent) rohimahullohu ta’ala:
Bagaimana seorang wanita yang memiliki udzur syar’i beribadah pada lailatul qodar?

Maka beliau menjawab:
Yaitu antara: berdo’a, berdzikir dan membaca al-Qur’an, tidak mengapa ia melakukannya. Dan aku kira engkau juga sepakat bahwa tidak dimakruhkannya wanita haidh membaca al-Qur’an.
Maka ini merupakan solusi dari satu sisi. Dan dari sisi lain, pada kesempatan ini hendaknya seorang muslim, baik laki-laki ataupun wanita, menerapkan adab sebagaimana adab Rosululloh shollallohu alaihi wa salam yang mengatakan sebuah kalimat:
اغتنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ: شبابَك قَبْلَ هَرمِكَ، وَصِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ
“Lakukanlah lima perkara sebelum lima perkara: masa mudamu sebelum masa tuamu, masa sehatmu sebelum masa sakitmu…” [1]
Untuk apa?
Karena diriwayatkan dalam Shohih al-Bukhori[2]: “bahwa seorang muslim jika sakit atau safar, Alloh tetap menuliskan ganjarannya seperti apa yang biasa ia amalkan yang berupa ketaatan dan ibadah pada saat mukim dan sehat.[3]
Maka yang semisal dengan wanita itu, hendaknya ia membiasakan sholat pada sepuluh malam yang terakhir ketika ia suci dan mampu, atau setidaknya sholat-sholat witir, atau yang paling sedikitnya adalah pada malam ke-27, karena sesungguhnya Alloh azza wa jalla jika mengetahui bahwa hamba-Nya biasa mengerjakan sholat pada saat ia sanggup, kemudian datang udzur padanya, Alloh tetap akan menuliskan ganjaran sebagaimana dituliskan untuknya pada saat ia suci (tidak haidh/nifas, pent). Ini merupakan poin yang sangat penting, buahnya adalah seorang muslim akan menjadi bersemangat sebagaimana tadi telah dirinci, untuk selalu menyibukkan dirinya dengan ketaatan semampunya, sampai ketika ketaatan itu bertambah dan ia terus melakukan ibadah tersebut, maka akan dituliskan ganjarannya walaupun ia sedang tidak mampu melakukannya.
____________
[1] Lanjutan haditsnya:
وغناكَ قَبْلَ فَقْرِكَ، وفَراغَك قَبْلَ شغلِك، وحياتَكَ قَبْلَ موتكَ
“.. dan masa kayamu sebelum datang masa faqirmu, masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, dan masa hidupmu sebelum matimu.” Hadits ini terdapat dalam Shohih at-Targhib wat Tarhib (3355).
[2] no. 2996
[3] Lafadz hadits:
إِذَا مَرِضَ الْعَبْدُ أَوْ سَافَرَ؛ كُتِبَ لَهُ مِثْلُ مَا كَانَ يَعْمَلُ مُقِيمًا صَحِيحًا
“jika seorang hamba sedang sakit atau safar, akan dituliskan baginya sebagaimana ketika ia sedang keadaan mukim dan sehat.”
***
Diterjemahkan dari: Blog beliau
***
كيف تقوم صاحبة العذر الشرعي ليلة القدر؟
بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله، والصلاة والسلام على خاتم رسل الله، وعلى آله وصحبه ومن اكتفى بهداه
سألتُ أبي رحمه الله تعالى:
كيف تقوم صاحبة العذر الشرعي ليلة القدر؟
فأجابني:
“بين:
دعاء
وذكر
وتلاوة القرآن، ولا بأس عليها مِن ذلك، وأظن أنك متأكدة مِن عدم كراهة قراءة المرأة الحائض للقرآن.
فحينئذ؛ هذا هو المخرج مِن جهة، ومِن جهة أخرى؛ يحسن بمثل هذه المناسبة أن المسلم سواء كان ذكرًا أو أنثى أن يتأدب بأدب الرسول عليه السلام الذي قال في جملة ما قال:
((اغتنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ: شبابَك قَبْلَ هَرمِكَ، وَصِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ))[1]
مِن أجل ماذا؟
لأنه جاء في “صحيح البخاري”[2] أن المسلم إذا مرض أو سافر؛ كتب الله له مثل ما كان يعمله من الطاعة والعبادة في حالة الإقامة وفي حالة الصحة[3].
فعلى مثل تلك المرأة أن تغتنم وقت طهارتها وتمكنها من قيام العشر الأخير، أو على الأقل الأوتار، أو أقل القليل: اليوم أو ليلة السابع والعشرين، فإن الله عز وجل إذا عَلم مِن أَمَتِه أنها كانت تَفعل ذلك في حالة تمكّنها مِن القيام بالصلاة، ثم فَجَأها العذر؛ كتب لها ما كان يكتب لها في حالة الطهر، هذه نقطة مهمة جدًا، ثمرتُها أن يَحرص المسلم على التفصيل السابق أن يشغل وقته دائمًا بالطاعة ما استطاع، حتى إذا زادت الطاعة، فمرّت العبادة؛ تُكتب له رغم أنه لم يتمكن مِن القيام بها”. ا.هـ
__________
[1] – تتمة الحديث: (وغناكَ قَبْلَ فَقْرِكَ، وفَراغَك قَبْلَ شغلِك، وحياتَكَ قَبْلَ موتكَ). وهو في “صحيح الترغيب والترهيب” (3355).
[2] – (2996).
[3] – نص الحديث: (إِذَا مَرِضَ الْعَبْدُ أَوْ سَافَرَ؛ كُتِبَ لَهُ مِثْلُ مَا كَانَ يَعْمَلُ مُقِيمًا صَحِيحًا).

http://ummushofi.wordpress.com/2010/07/29/bagaimana-seorang-wanita-yang-memiliki-udzur-syar%E2%80%99i-beribadah-pada-lailatul-qodar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar